Sabtu, 22 Maret 2014

Manajemen Waktu


Manajemen Waktu  
Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Sehingga waktu yang kita miliki dapat terpakai secara efissien.

Memahami Manajemen Waktu
Anda tidak harus  belajar secara teori untuk mengetahui bahwa waktu adalah relatif.
Sedikit waktu dapat lebih menyenangkan
Lakukakan sedikit pekerjaan
Batasi jenis pekerjaan
Berusahalah lebih untuk lebih selektif
 Agar tetap dapat mengendalikan waktu anda jangan lakukan terlalu banyak menyita waktu dan perhatian anda.
Lakukan pada saat itu juga
Melakukan sesuatu pada saat itu juga adalah hal paling terpenting dalam setiap kehidupan kita akan membuat kita lebih bijaksana dalam menggunakan waktu

Penerapan Manajemen Waktu 
Terdiri dari :
Membentuk tujuan akhir
Membuat jadwal untuk mencapai hasil
Manajemen stress
Mengelola waktu dalam perjalanan

Membentuk tujuan akhir
Pentingnya membuat Pioritas
Identifikasi pioritas-pioritas anda di tempat yang tenang jauh dari gangguan rekan kerja atau teman 

Bidang-bidang kehidupan yang di susun oleh Dr. Tony Alesandra yaitu:
Mental                - Fisik
Keluarga            - Sosial
Spiritual              - Karir
Keuangan

Jika terlalu banyak prioritas kemungkinan besar tidak akan dapat melaksakan masing-masing prioritas 
Intisari pengidentifikasian prioritas:
Tulislah segala hal yang penting bagi anda jangan ragu membuat daftar yang panjang dan berbelit-belit
Baca kembali daftar yang telah anda buat, pada saat pemeriksaaan ke dua coret semua hal yang tapaknya tidak perlu serata masukkan item-item yang serupa
Jika terlalu banyak prioritas kemungkinan besar akan di landa ke cemasan dan frustasi

Membuat jadwal untuk mencapai hasil
Pokok-pokok yang sama
Perencanaan masa kini memungkinkan anda menyelesaikan tugas-tugas berikut:
Mengatur jadwal harian, mingguan dan bulanan anda.
Memisahkan antara aktivitas harian anda dengan tugas-tugas penting dan mendesak yang anda tangani
Merencanakan proyek-proyek pekerjaan.
Memakai bersama file-file dengan men-download
Menghubungkan secara elektronik rencana dan jadwal anda dengan orag lain.
Tulislah inisial nama pekerjaan tertentu untuk menandai orang-orang yang kerja samanya diperlukan atau kepada siapa anda akan mendelegasikan seluruh pekerjaan.
Manajemen Stress
  Sebelum bisa memanajemen stress, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kondisi stress itu sendiri.
Stress adalah kondisi dimana kita berada dibawah tekanan yang mengganggu pola pikir.
Ciri-ciri Orang yang Mengalami Stress
Kerongkongan anda kering
Sakit rahang atau tertekan
Nafas pendek atau dangkal
Cenderung lebih dingin dan begejolak
Selalu pusing
Rasa panas dalam perut
Detak jantung lebih cepat
Tekanan darah naik

Cara Memanajemen   Stress  
Memelihara rasa humor
Melakukan peregangan secara teratur
Berbicara pada orang lain
Pijat atau relaksasi
Berjalan kakilah
Minum air putih
Aroma Therapy
Tarik nafas dalam-dalam
Meditasi

Memperbanayak Waktu Luang dengan Pendelegasian
Pendelegasian adalah memberikan wewenang kepada orang lain agar kita memiliki waktu luang lebih banyak.
Anda dapat memperoleh hasil kerja yang terbaik jika anda mendelegasikan tugas anda kepada orang lain yang mampu mengerjakannya dengan keterampilan dan ide-ide yang cemerlang.
Yang Perlu Diperhatikan dalam Pendelegasian 
Merencanakan pemberian tugas dengan baik sebelum mengerjakannya
Memberi intruksi dengan jelas
Bersikap luwes dengan batasan waktu
Memonitor perkembangan pekerjaan
Tegas dan luwes
Tetap mencatat bagaimana suatu pekerjaan diselesaikan

Yang Tidak Seharusnya Dilakukan Ketika Mendelegasikan Tugas 
Jangan terburu-buru
Jangan memeberi intruksi yang tidak lengkap
Jangan mengabaikan perhatian kepada orang yang diberi wewenang
Jangan sewenang-wenang dalam mendelegasikan tugas
Jangan menganggap bahwa cara anda adalah satu-satunya cara yang dapat digunakan



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

My Blue Bird